Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayo Terjemahkan Blog kita ke 37 Bahasa>>


Semua blogger pasti akan senang jika pembaca artikelnya berasal dari seluruh penjuru dunia, dimana bahasa bukan sebagai kendala. Nah…bagi Anda yang punya blog dengan engine wordpress (WP) (tetapi bukan yang gratisan di wordpress.com) sekarang menerjamahkan artikel bahasa Indonesia ke 37 bahasa di dunia merupakan hal yang mudah.

Global Translator adalah salah satu add-on atau plugin blog Wordpress (WP) yang sangat mudah istallasinya. Contohnya di blog saya ini sudah terinstall plugin ini, Anda tinggal klik bendara negara. Disini saya tidak menyertakan semua bahasa, bukan karena tidak bisa karena kesengajaan saya saja supaya lebih simpel karena kalau ada 38 bendera (termasuk merah putih) wah rame dech!

Langkah-langkah untuk install Global Translator adalah:
1. Download plugin global-translator.1.0.9.zip disini.
2. Upload file zip tersebut dengan FTP atau manual dari cpanel hosting ke direktori “wp-content/plugins”
3. Jika hosting Anda menyediakan fasiltas Unzip, tinggal unzip file yang baru diupload di direktori yang sama. Otomatis membuat folder “global-translator” di folder “wp-content/plugins”

Langkah upload file Global Translator sudah berhasil, sekarang kita setup di admin WP
4. masuk ke admin WP, saya asumsikan Anda sudah mengenal menu-menu di WP
5. klik menu “Plugins” di sebelah kanan layar,
6. jika langkah ke-3 sukses harusnya di bagian Inactive Plugins ada plugin Global Translator. aktifkan plugins tersebut dengan klik “activate” di sebelah kanan text Global Translator.
7. Otomatis plugins ini berpindah ke bagian Currently Active Plugins.
8. Nah ini langkah setup yg cukup penting. Dibagian deskripsi, terdapat teks yang cukup panjang, dan salah satunya ada teks warna merah dengan tulisan “visit the options page“, nah klik teks tsb.
9. Nah sekarang Anda diberi pilihan untuk engine terjemahan, saya pilih yang umum yaitu Google Translation Services.
10. Pada base settings, pilih bahasa Indonesia untuk blog kita, nah dibawahnya terdapat 38 bendera, aktifkan semua jika memang mau semua bahasa untuk blog kita.
11. Saat ini saya belum tau fungsi option lainnya jadi langsung saja “Update Options” yang ada di bagian bawah.
12. Klik tab “Design” dan klik menu “Widgets”
13. Widget Global Translator ternyata sudah ada disana. Klik tombol “Add” ke bagian sidebar (tergantung Anda mau dimana)
13. Klik “Save Change” dan coba buka blog Anda …. ta tat…berhasil!
14. klik bendera yang diinginkan…dan shut… berubah semua.

Terjemahan dari Google translator ternyata cukup menyakinkan dalam menerjamahkan ke bahasa Ingris. Dan saya puas sekali dengan hal ini. Sebenarnya plugins ini masih bisa diotak-atik…sayang saya bukan programmer php.

Selamat Mencoba!