6 Tips Memilih Ponsel Bekas


Tips Memilih Ponsel Bekas | www.supriyandi.com

Untuk meminimalisir kerugian dari spekulasi membeli ponsel bekas,dibutuhkan trik trik dan kecermatan ekstra.Untuk mencermati dalam mendapatkan ponsel yangkita inginkan perlu strategi tersendiri agar terhindar dari pilihan yang salah.Mari kita lihat apa saja langkah ekstranya berkut ini:

1.Periksa cover atau casing ponsel
Usahakan mencari ponsel second yang masih dibalut dengan casing orisinil.Jika memang hanya terdapat ponsel bekas idaman yang dibalut dengan casing non orisinil,takarlah harga lebih rendah dari harga yang ditawarkan.Periksa juga apakah ada yang cacat pada casingnya.Jika ada cacat,anda perlu curiga jika ponsel ini pernah terjatuh dan ada kemungkinan berpengaruh pada komponen bagian dalamnya.
Jangan lupa memeriksa kinerja engsel bagi ponsel yang berengsel dan rel flip bagi ponsel yang bersliding.

2.Periksa fungsi Eksternal Ponsel
Periksa kondisi dan fungsi masing masing bagian yang ada dalam ponsel.cobalah fungsi keypad,joypad,LCD,lampu LED  atau backgroung lamp display,tombol on/off,tombol volume,USB dan charge port,karet karet penutup,lensa kamera,serta infra merah port.

3. Periksa fungsi fitur dan kelengkapan menu
Sebelum membeli sebuah ponsel,baik bekas ataupun baru,sebaiknya sedikit  banyak mengetahui fitur dan menu apa saja yang ada diponsel yang akan dibeli.Jangan sungkan untuk mencoba kinerja masing masing fitur seprti Bluetooth,SMS,voice radio,melodi,suara ringtone,vibrasi kamera,radio,MP3,atau fungsi fitur lainnya.

4.Periksa Bagian Dalam Ponsel
Buka cover mesin dan periksa apakah segel masih original pabrik atau sudah diganti.Biasanya segel itu dapat anda temukan disekitar sekrup pengunci bagian dalam ponsel.Jika tidak menemukan segel hologram bawaan pabrik berarti ponsel itu sudah pernah dibuka mesinnya.

5.Periksa baterei
Periksa keaslian baterai yang disertakan dalam ponsel tersebut.Lihat apakah masih orisinal atau sudah diganti dengan baterai yang non orisinal.
Pertimbangkan pula kualitas baterai penganti,apakah dari merk terkenal apa tidak.

6.Periksa Signal
Jika ponsel itu tidak stabil alias naik turun secara cepat dan periodic,pasti ponsel itu bermasalah.Atau lebih parah lagi tak ada signal sedikitpun.Ponsel tanpa sinya berarti dalam masalah besar.Jadi sebaiknya anda urung kan niat anda tuk membeli ponsel tersebut.

Sumber Referensi:L Buku Trend music  edisi 21/Thn.ke II
Silahkan Download Artikel disini (PDF)

Postingan terkait: