Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Ikhlas

Khasiat- khasiat dengan membaca Surat Al-Ikhlas diantaranya:
1. Abu Sa'id Al-Khanafi menerangkan : Surat ini dinamakan Surat Al-Ikhlas, artinya bersih atau lepas, maka barang siapa yang membacanya dana mengamalkannya dengan hati yang ikhlas maka ia akan dilepaskan dari kesusahan, dimudahkan didalam gelombang sakaratil maut, dihindarkan dari kegelapan kubur dan kengerian hari kiamat.

2. Ibnu Syinab Al-Zukhri menerangkan bahwa Rosulullah s.a.w bersabda: "Siapa membaca Surat Ikhlas seolah-olah ia membaca sepertiga Alquran.

3. Riwayat dari Sayyidina Ali r.a : Siapa membaca Surat Ikhlas sebanyak 11 kali sesudah shlat subuh, maka syaitan tidak akan mengodanya untuk memperbuat dosa, meskipun syaitan itu sungguh-sungguh hendak mengoda ia hari itu.

4. Sayyidah Aisyah menerangkan : " Dari Nabi Muhammad s.a.w. ' Siapa membaca sesudah shalat Jumat, Al-fatihah 7 kali, Surat Ikhlas 7 kali, Surat Al-Falaq 7 kali dan Surat An-naas 7 kali, maka Allah akan melindungi dari kejahatan sampai hari jumat yang akan datang.

5. Dari Sayyidina Ali r.a. dari Rosulullah s.a.w: "Siapa hendak pergi musafir, kemudian ia hendak meninggalkan rumahnya, ia membaca Surat Al-ikhlas 11 kali maka Allah memelihara rumahnya sampai ia kembali".


Sumber: Buku judul Risalah Doa oleh H.Dja'far Sabran th. 2007 hal 74-75 penerbit Darussagaf Surabaya.